Dalam perkembangannya, pendidikan
kejuruan masih menemui banyak masalah dan tantangan yang harus dihadapi. Masih banyak
terlihat kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan hal yang terjadi
dilapangan. Masalah utama berkaitan dengan mutu dan kualitas pendidikan
kejuruan yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga pemerintah dan
seluruh pihak yang terkait secara terus menerus berupaya untuk meningkatkan dan
mengembangkan mutu sehingga kualitas pendidikan kejuruan sesuai dengan yang
kita harapkan.
Pendidikan kejuruan belum sepenuhnya
menerapkan prinsip-prinsip pendidikan kejuruan. Namun dalam perkembangannya
hingga saat ini pendidikan kejuruan terus berusaha mengaplikasikani
prinsip-prinsip tersebut secara maksimal. Terdapat beberapa prinsip yang telah
diterapkan secara baik dan juga terdapat prinsip yang belum diperhatikan dan
masih dalam proses menuju perbaikan. Bagi pendidikan kejuruan yang menerapkan
prinsip tersebut secara komprehensif akan berdampak kepada keberhasilannya. Berikut
kita tinjau relevansi beberapa prinsip-prinsip pendidikan kejuruan terhadap
implikasi pendidikan kejuruan yang berkembang sekarang :
1. Guidance
: pelaksanaan program bimbingan yang tidak terlaksa sebagaimana mestinya. Dalam
pelaksanannya, masih banyak program bimbingan yang berkutat pada
masalah-masalah kenakalan siswa, prestasi rendah, disiplin, dan hal lain dan
belum menyentuh pada tugas bimbingan yang sebenarnya. Hal ini terjadi akibat
kurangnya keterlibatan guru mata pelajaran terhadap proses pembelajaran
terutama yang berhubungan dengan perilaku (atitude) siswa, dan biasanya
menyerahkan bagitu saja pada petugas BK. Rendahnya pembinaan kejuruan terhadap
siswa akan menimbulkan dampak yang besar bagi siswa tersebut, karena pada
prinsipnya semua siswa membutuhkan bimbingan kejuruan. Jika siswa memperoleh
bimbingan yang tepat, ia akan mantap memilih karir yang sesuai dengan bakat,
minat dan kemampuan mereka. Oleh karena itu bimbingan pekerjaan merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dalam pendidikan kejuruan.
2. Lifelong
learning : konsep belajar sepanjang hayat yaitu memberikan motivasi Kepada
mereka yang telah menamatkan pendidikannya di sekolah untuk terus belajar dalam
rangka meningkatkan kualitas hidupnya. Implementasi dari konsep ini sudah
diterapkan di sekolah kejuruan melalui kurikulum pendidikan yang membiasakan
siswa untuk mencari sendiri bahan-bahan
pelajaran yang mereka butuhkkan, mempelajarinya sendiri, dan mempraktekkannya.
Pada konsepnya mereka diberikan kesempatan untuk mengaktualisaasikan sendiri
hal yang dipelajarinya.
3. Needs
: Prinsip pendidikan kejuruan yang harus relevan dengan kebutuhan masyarakat
ini juga telah diterapkan dan terus berproses untuk betul-betul memenuhi
kebutuhan masyarakat. Pendidikan kejuruan sedang berusaha menyelenggarakan
pendidikan yang sesuai tuntutan masyarakat dan berusaha untuk mencapai kualitas
yang diharapkan.
4. Open
to all : Prinsip ini juga telah diaplikasikan, dapat kita lihat bahwa
pendidikan kejuruan membuka dirinya untuk siapa saja, baik laki-laki maupun
perempuan, tidak membedakan status social dengan menerima semua golongan, baik
kaya ataupun miskin.
5. Placement
: Prinsip penempatan masih belum bias dicapai oleh pendidikan kejuruan yang
berkembang saat ini. Hal ini berkaitan dengan belum tertanggulanginya
pengangguran yang bersal dari pendidikan kejuruan itu sendiri. Padahal dalam
prinsipnya, pendidikan kejuruan harus mampu menempatkan alumninya ke dalam
bidang pekerjaan tertentu.
6. Sex
bias : Pendidikan kejuruan tidak membatasi perbedaan jenis kelamin untuk para
peminatnya. Pendidikan kejuruan menyediakan tempat untuk bagi siapa saja yang
ingin belajar, baik laki-laki ataupun perempuan.
7. Special
needs : Prinsip ini juga telah diterapkan dengan baik, yaitu dapat dilihat
dengan disediakannya berbagai jurusan pada pendidikan kejuruan, sehingga
peserta didik dapat memilih jurusan tersebut sesuai kebutuhan, kemampuan, minat
dan bakat mereka.
Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa
semua prinsip tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dan dalam relevansinya
dengan pendidikan kejuruan yang sedang berkembang saat ini, prinsip-prinsip
tersebut, baik principle and people, principle and program serta principle and
process telah diterapkan dan masih dalam proses penerapan secara keseluruhan
yang membutuhkan perhatian dari semua pihak terkait, baik pemerintah, industri
maupun pendidik kejuruan untuk perbaikan mutu dan kualitas pendidikan kejuruan
di masa yang akan datang.
0 Comments